Fakta Beruang Kutub (Ursus maritimus)

Beruang kutub adalah hewan yang bertubuh besar. Beruang yang terlihat berwarna putih ini lebih suka dengan iklim yang dingin, makan daging, dan berburu. Beruang kutub memang terlihat manis, ya memang jika kita lihatnya dari foto atau dari kebun binatang. Tapi faktanya sifat asli dari hewan ini adalah pemburu ganas dan beruang kutub adalah karnivora terbesar di antara hewan darat yang lain.


Ukuran dan Penampilan
Beruang kutub juga spesies terbesar dari beruang. Untuk mengukur tinggi beruang biasanya diukur dari bahu saat sedang merangkak. Rata-rata tinggi beruang kutub saat merangkak adalah 1 - 1.5 meter tetapi ketika berdiri dengan kaki belakangnya beruang kutub jantan dewasa dapat mencapai lebih dari 3 meter. Jika diukur memanjang dari kepala sampai pantat nya 2.2 - 2.5 meter ekor nya bisa menambahkan 7.5 - 12.5 cm.

Beruang kutub dewasa beratnya sekitar 351 - 544 kilogram. Beruang kutub terbesar tercatat pernah sampai 1000kg. Sedangkan berat beruang kutub betina setangah dari jantan nya yaitu 50 - 295 kg

Beruang kutub memang terlihat putih sih tapi ternyata bulu mereka itu transparan. Hasil putih yang kita lihat itu akibat pantulan dari lingkungan disekitar nya yang bersalju. Beruang kutub juga bisa berwarna kekuning-kuningan pada musim panas bahkan mungkin muncul warna coklat atau abu-abu


Mengapa beruang kutub membutuhkan rambut yang bening? Mekanisme ini mempunyai arti penting bagi kehidupan beruang kutub. Selain untuk kamuflase, dengan tidak berwarnanya rambut beruang kutub, penyerapan radiasi matahari yang sangat kecil di daerah kutub menjadi sangat efisien. Dengan rambut yang tidak berwarna, rambut beruang kutub menjadi bersifat fiber optic, yang artinya radiasi matahari akan langsung diteruskan ke kulit sehingga sangat mudah diserap kulit. Alih-alih memakai pakaian transparan, maka kulit akan sama dengan tidak memakai penutup.

Habitat
Beruang kutub hidup di sekitar benua paling utara bumi yaitu benua arktik. Saat musim dingin temperature di arktik biasanya sekitar -34 derajat celcius dan dapat mencapai -69 derajat celcius

Beruang kutub itu ternyata adalah perenang yang handal. Oleh karena itu nama ilmiah hewan ini adalah Ursus maritimus.
Hewan ini menggunakan kaki depan besar nya untuk mendayung dan kaki belakang mereka sebagai kemudi. Beruang ini juga diketahui bisa berenang lebih dari 60 mil (100km) tanpa istirahat.

Habits ( Kebiasaan)
Beruang kutub adalah hewan yang soliter. Hewan ini akan duduk di atas lapisan es dimana tempat yang menjadi lubang pernafasan anjing laut. Beruang kutub juga biasanya akan mencari sarang anjing laut lalau menghancurkan nya dan kemudian menanangkap anjing lautnya untuk mereka makan.

Tidak seperti beruang pada umumnya. Beruang kutub tidak melakukan hibernasi di musim dingin. Mereka tetap berburu untuk mendapatkan makanan, kecuali cuaca memang sangat ekstrim mereka akan mecari perlindungan. Namun beruang betina yang sedang hamil tetap melakukan hibernasi.


Makanan
Makanan utama beruang kutub adalah anjing laut. Makanan yang berkalori tinggi ini membantu beruang kutub menimbun lemak yang menjaga nya agar tetap sehat untuk menyusui dan menjaga suhu tubuh mereka.
Beruang kutub biasanya membutuhkan 2kg lemak setiap harinya, ini sama dengan sekitar 55kg aning laut untuk memenuhi nya dan dapat memberikan nya energi sampai 8 hari,

Jika beruang kutub tidak menemukan cukup anjing laut untuk dimakan maka mereka akan makan apa saja yang mereka temukan seperti ikan, telur, rusa, tikus, burung, buah, bahkan manusia.

Keturunan
Musim perkawinan untuk Beruang kutub terjadi pada musim panas di Kutub Utara, yaitu antara bulan Maret - Juni. Kemudian bayi - bayi Beruang kutub akan lahir pada bulan Desember - Januari, biasanya mereka akan melahirkan 2 - 3 bayi.

Selama masa kehamilan, induk beruang akan menggali sarang di antara tumpukan salju dan bahkan tidur sepanjang musim dingin di dalam sarang hingga bayi - bayi beruang lahir. Meskipun begitu, induk beruang sama sekali tidak merasa dehidrasi ataupun kekurangan makanan untuk menyusui bayi - bayi beruang yang telah lahir. Bayi - bayi tersebut akan hidup di dalam sarangnya selama kurang lebih 28 bulan. Bayi Beruang kutub yang baru lahir hanya sebesar tikus. Tidak memiliki bulu, buta, dan lemah sama sekali. Seekor Beruang kutub betina terbukti merupakan induk mamalia yang paling besar pengabdiannya dalam hal menjaga anak - anak mereka.

Klasifikasi / Taksonomi
  • Kingdom: Animalia     
  • Subkingdom: Bilateria        
  • Infrakingdom: Deuterostomia        
  • Phylum: Chordata
  • Subphylum: Vertebrata
  • Infraphylum: Gnathostomata        
  • Superclass: Tetrapoda        
  • Class: Mammalia
  • Infraclass: Eutheria
  • Order: Carnivora
  • Suborder: Caniformia
  • Family: Ursidae
  • Genus & species: Ursus maritimus
Beberapa Fakta lain 
  • Lemak mereka tidak hanya membuat beruang kutub hangat tetapi juga meningkatkan daya apung mereka ketika mereka berenang.
  • Bagian bawah kaki mereka ditutupi dengan bulu untuk menjaga mereka tetap hangat dan membantu mereka berjalan dalam situasi licin.
  •  Beruang dapat mencium anjing laut di atas es 20 mil (32 kilometer) jauhnya.
  • Beruang kutub berhasil menangkap mangsanya hanya 2 persen dari usaha mereka


Previous
Next Post »
Thanks for your comment