10 Bahaya Mengancam Dari Mie Instan yang Kamu Abaikan






Siapa yang tidak suka makan mie instan. Makanan yang tersedia dalam berbagai rasa ini juga sudah cukup terkenal di luar negeri. Di Indonesia sendiri terdapat banyak merk dan varian rasa yang unik-unik serta harga yang murah menjadikan mie instan ini salah satu makanan favorit yang sering dikonsumsi masyarakat. Terutama anak kos-kosan yang sedang krisis di akhir bulan. :)

Tetapi di balik kenikmatan itu semua sebenarnya terdapat bahaya terhadap kesehatan yang mengancam jika kamu terlalu sering mengonsumsi mie instan. Sebenarnya sudah banyak yang mengetahui bahaya ini tetapi tetap mengabaikan nya.

Inilah 10 bahaya mengancam jika makan mie instan jika terlalu sering :

1. Mengacaukan Metabolisme Tubuh
Jika dikonsumsi secara berlebihan dalam jangka waktu yang lama mie instant dapat mengacaukan metabolisme dalam tubuh. Zat kimia berbahaya seperti pengawet dan pewarna akan terakumulasi di dalam tubuh menjadi racun.

2. Menghambat Penyerapan Nutrisi
Mie instant dapat membatasi dan menghambat penyerapan nutrisi makanan yang penting bagi tubuh apalagi mereka yang usianya masih dibawah 5 tahun. Biasanya karena anak susah makan dan lebih suka makan mie instant maka orang tua membiarkan anaknya terlalu sering mengonsumsi mie, padahal ini sangat berbahaya karena anak bisa menjadi kurang gizi, kerdil dan bahkan terhambat perkembangan nya.

3. Menimbulkan Kanker
Mie instant tidak hanya dalam bungkus plastik tetapi ada juga dalam bentuk kemasan Styrofoam yang tinggal diisi air panas. Styrofoam sendiri adalah agen penyebab kanker. Mie instant yang disajikan langsung dalam Styrofoam maka Styrofoam tersebut ketika terkena panas maka zat kimia nya akan ikut bereaksi dan bisa ikut larut dan masuk ke dalam tubuh.



4. Kandungan Sodium
Kandungan Sodium dalam Mie instant cukup tinggi yang dapat menyebabkan darah tinggi, stroke, penyakit jantung, dan kerusakan ginjal.

5. Kandungan Berbahaya MSG
Kandungan Monosodium Glutamate dalam mie instant cukup tinggi. Jika kamu tidak tahan dan alergi terhadap MSG bias any akan merasa selalu haus, sakit kepala, nafas sesak, wajah memerah, dan dada terbakar. Jika membuat mie instant sebaiknya bumbu nya tidak dipakai semua agar mengurangi kandungan MSG yang kita makan.

6. Kegemukan (Obesitas)
Mie instant yang terlalu sering dikonsumsi secara rutin dapat menyebabkan kegemukan. Lemak dan sodium yang menumpuk dalam tubuh tidak dapat diserap dan akan membuat badan kamu semakin lebar. Pada akhirnya menyebabkan berat badan bertambah dalam waktu singkat.

7. Kadar Karbohidrat Tinggi
Mie instant mengandung kadar karbohidrat yang cukup tinggi apalagi orang Indonesia yang suka menambahkan nasi maka semakin banyak karbohidrat yang kita konsumsi sekali makan.  Kandungan lemak jenuhnya juga tinggi sehingga kalori di dalam nya dapat memberikan efek buruk bagi kesehatan. Sesudah itu kamu tidak melakukan aktivitas fisik yang tidak mengeluarkan kalori dalam tubuh maka badan mu akan semakin lebar.

Biasanya dalam satu porsi mie instan mengandung 400 kalori. Kalau ditambah dengan nasi putih, kandungan kalori nya bisa bertambah 700-800 kalori. Normalnya kita hanya membutuhkan 1700-2000 kalori perharinya. Itu juga harus dengan berbagai asupan gizi dalam 3 kali makan besar dan makan ringan.



8. Kandungan Propylene Glycol
Mie instant memiliki kandungan propylene Glycol, ini adalah sejenis bahan anti beku yang akan mencegah mie menjadi kering. Jika tubuh kamu menyerao zat-zat tersebut terus menerus makan akan ditumpul di area hati, ginjal serta liver. Dampak nya tubuh kamu akan rusak dan melemahkan sistem imun.

9. Menyebabkan Keguguran
Terdapat beberapa kasus keguguran akibat kecanduan makan mie instant. Karena terlalu sering mengonsumsi mie instant akibatnya memberikan efek buruk pada janin, sehingga terjadi keguguran.

10. Bahaya Bagi Sistem Pencernaan
Mie instant yang dikonsumsi lebih dari sekali dalam sehari, maka mie instant tersebut berpotensi membahayakan pencernaan. Masalah yang akan muncul seperti rasa begah, susah buang air besar dan rasa yang tidak nyaman pada perut.


Nah itu dia bahaya-bahaya kalau kamu terlalu sering mengonsumsi mie instant. Tidak ada larangan untuk makan mie instant yang tidak boleh adalah jika terlalu sering dikonsumsi. Batas maksimal konsumsi mie instant yang dianjurkan hanya 3 kali seminggu jadi jangan berlebihan ya! 😊
Previous
Next Post »
Thanks for your comment