Mitos Kucing Hitam Di Beberapa Negara

Kucing merupakan salah satu hewan yang sangat berkaitan erat dengan mitos-mitos, entah dari mana hal tersebut, namun sebagian besar orang percaya bahwa kucing memang berkaitan erat dengan beberapa mitos yang ada, terlebih lagi orang dari zaman dulu. Berbagai jenis kucing dikatikan dengan mitos, terlebih lagi kucing hitam. Sebagian besar orang meyakini jika kucing hitam sangat erat berkaitan dengan mitos dan ternyata tidak hanya di Indonesia saja, melainkan juga di beberapa negara yang lain. Oleh karena itu pada kesempatan kali ini yang akan kita bahas adalah mengenai mitos kucing hitam di beberapa negara. Namun sebelumnya kita akan membahas mengenai kucing hitam secara umum terlebih dahulu. Kucing hitam sendiri merupakan salah satu jenis kucing biasa yang memiliki bulu warna hitam, dan entah dari mana orang-orang beranggapan bahwa seekor kucing hitam memiliki beberapa mitos.


Sebagian besar mitos dari kucing hitam sendiri adalah berdampak negatif sehingga mengharapkan kewaspadaan terhadap kucing hitam. Namun meskipun begitu, ternyata banyak juga yang memelihara kucing hitam dan tidak mempedulikan adanya beberapa mitos yang beredar. Hal tersebut karena kembali kepada kepercayaan masing-masing yang mana setiap orang memiliki hak untuk berpendapat, termasuk soal kucing hitam tersebut.

Lalu apa saja mitos dari kucing hitam di beberapa negara? Berikut ini adalah beberapa mitos kucing hitam yang ada di beberapa negara di belahan dunia:

1. Indonesia
Indonesia merupakan salah satu negara yang sangat menjunjung tinggi budaya dan adat dari daerah masing-masing, oleh karena itu Indonesia merupakan salah satu negara yang sangat percaya akan beberapa mitos, termasuk soal kucing hitam itu sendiri. Beberapa mitos dari kucing hitam di Indonesia sendiri adalah jika bertemu dengan kucing hitam yang berbulu hitam pekat pada saat melintasi jalan, maka nantinya urusan yang dilakukan akan sia-sia. Kemudian jika menabrak kucing hitam sampai mati, maka nantinya akan mendapatkan kesialan, namun jika setelah menabrak lalu menguburkannya dengan baik, maka nantinya tidak akan terjadi apa-apa. Lalu yang ketiga adalah jika menabrak kucing tersebut dan luka kemudian dibiarkan begitu saja, maka nantinya penabrak akan mengalami penyakit kecuali jika kucing tersebut langsung diobati. 

Selain itu jika menemukan kucing hitam yang beranak tujuh, maka nantinya akan menjadi kaya raya. Selain itu juga jika ada kucing hitam yang datang dan tidak memiliki tuan, serta betah tinggal maka nantinya pemilik rumah akan mengalami mujur. Kemudian jika memelihara kucing hitam dan beranak belang tiga, maka nantinya akan mendapatkan rejeki dalam waktu yang dekat. Dan yang terakhir adalah jika kucing tersebut merupakan peliharaan serta suatu hari menjilat kaki majikan tersebut namun sehari-harinya tidak biasa melakukan hal tersebut, maka dalam waktu dekat, salah satu anggota keluarga akan mendapatkan rejeki yang besar.

2. Jerman
Di Jerman sendiri juga memiliki kepercayaan / mitos bahwa jika ada kucing hitam yang melompati seseorang yang sedang sakit, maka nantinya orang tersebut akan meninggal.

3. Normandia
Mitos yang dipercaya oleh masyarakat Normandia tentang kucing hitam adalah pada saat diperjalanan nantinya melihat kucing hitam menyebrang pada saat bulan purnama, maka nantinya akan mengalami suatu epidemic.

4. Finlandia
Di Negara Finlandia sendiri masyarakat percaya bahwa kucing hitam akan membawa jiwa manusia ke alam baka.

5. Cina
Di negara Cina, kehadiran kucing hitam merupakan salah satu pertanda bahwa nantinya akan terserang suatu penyakit atau bisa juga nantinya akan jatuh miskin.

6. India
Kepercayaan di India ini merupakan salah satu yang jarang dan juga unik, karena jiwa yang memang bereinkarnasi, nantinya dapat dibebaskan dengan melemparkan kucing hitam ke dalam api.

7. Bengali
Di Bengali ini jika ada seorang wanita yang mana dapat merubah jiwa menjadi seekor kucing hitam, maka nantinya setiap kucing hitam yang disakiti secara otomatis juga akan menyakiti wanita tersebut.

8. Druids
Pada zaman dulu di masa Inggris kuno, masyarakat mempercayai bahwa kucing hitam merupakan sebuah jelmaan seseorang yang mana berbuat jahat di masa lalunya kemudian sebagai hukuman, orang tersebut dikutuk dan dihukum menjadi seekor kucing hitam.

Jadi itulah beberapa mitos kucing hitam dan juga kepercayaan dari masing-masing negara, Indonesia merupakan salah satu negara yang memang sangat kental akan beberapa jenis mitos, termasuk dengan mitos kucing hitam tersebut sehingga mitosnya lebih banyak dibandingkan dengan negara yang lainnya. Secara umum kucing hitam diibaratkan menjadi sebuah pembawa sial bagi manusia. Namun pada dasarnya adalah hal itu merupakan sebuah kepercayaan yang mana masing-masing masyarakat memiliki hak untuk berpendapat untuk percaya akan mitos tersebut atau tidak. 
Previous
Next Post »
Thanks for your comment