7 Keajaiban Otak Yang Tidak Kita Sadari

Otak sebagai sumber pikiran manusia, memang memiliki kinerja yang luar biasa untuk memproses segala informasi di sekitar kita. Lantas bagaimana organ yang besarnya hanya sekepalan tangan ini mampu mengendalikan hidup manusia secara luar biasa?

Otak selama berabad - abad memang merupakan organ tubuh yang sangat misterius. Baru beberapa puluh tahun belakangan ini, para ilmuwan mulai berhasil menguak misteri organ yang satu ini. Tentu saja bantuan kecanggihan teknologi menjadi salah satu kunci sukses penelitian ini. Otak manusia memiliki fungsi yang hampir sama dengan prosesor pada komputer. Perbedaannya, kinerja prosesor bisa diuraikan dengan logika sementara otak tidak bisa.

Setidaknya ada beberapa misteri yang masih menyelimuti otak manusia. Bahkan para ilmuwan juga masih terus berusaha mencari penjelasan ilmiah atas misteri tersebut. Namun tetap saja, misteri adalah rahasia kehidupaan ciptaan Yang Maha Kuasa yang amat luar biasa. Pembaca kumpulan misteri, berikut ini adalah 7 keajaiban dalam otak yang harus Kamu tahu.

1. Keasadaran
Setidaknya ada beberapa misteri yang masih menyelimuti otak manusia. Bahkan para ilmuwan juga masih terus berusaha mencari penjelasan ilmiah atas misteri tersebut. Namun tetap saja, misteri adalah rahasia kehidupaan ciptaan Yang Maha Kuasa yang amat luar biasa. Pembaca kumpulan misteri, berikut ini adalah 7 keajaiban dalam otak yang harus Kamu tahu.

2. Hidup Beku
Hidup abadi hanya memang sebatas khayalan manusia. Tetapi ilmuwan sudah menemukan cryonic yaitu temuan yang dapat membuat manusia mempunyai dua kehidupan. Arlcor Life Extension Foundation, salah satu pusat cryonic yang berada di Arizona telah menyimpan tubuh makhluk  hidup di dalam tabung yang berisi nitrogen cair pada suhu minus 320 fahrenheit.

Ide dari penelitian ini adalah manusia yang telah meninggal karena penyakit akan dicairkan dan kemudian dihidupkan lagi di masa depan saat penyakit tersebut sudah dapat disembuhkan. Jasad seorang pemain baseball ternama, Ted Williams disimpan di sini. Namun karena teknologi ini belum ditemukan, penghidupan kembali pun belum dapat dilakukan tetapi tubuhnya telah dilelehkan pada suhu yang tepat sehingga sel tubuhnya memecah dan membeku.

3. Perilaku
Semua perilaku yang dilakukan oleh manusia dilakukan di bawah kendali otak. Sampai saat ini masih banyak perdebatan tentang kepribadian dan pikiran manusia dipengaruhi oleh alam atau bawaan sejak lahir dari lingkungan. Sampai sekarang, masih belum terjadi kesepakatan di kalangan ilmuwan apakah perilaku manusia adalah bawaan dari gen atau pengaruh lingkungan.

4. Tertawa
Tertawa merupakan hal yang paling sulit dipahami dari perilaku manusia. Ilmuwan telah menemukan bahwa saat manusia tertawa, ada 3 bagian otak yang aktif. Yang pertama adalah bagian yang berpikir sebelum memahami sebuah gurauan kemudian area yang bergerak memberitahukan kepada otot untuk melakukan sesuatu, dan  yang terakhir adalah sebuah area emosional yang menimbulkan perasaan geli. Menurut John Morreall, seorang peneliti humor menemukan bahwa tertawa merupakan respon bermain dari kisah yang tak sesuai dengan harapan. Anehnya tertawa juga dapat ditularkan pada orang lain.

5. Daya Ingat
Dalam kehidupan manusia, ada beberapa pengalaman yang sulit untuk dilupakan. Namun seringkali otak juga melupakan hal-hal yang penting saat dibutuhkan seperti mengingat rumus matematika atau alamat. Mengapa hal ini dapat terjadi? Dengan menggunakan teknik pencitraan otak, para ilmuwan berhasil menemukan ada mekanisme yang bertanggung jawab terhadap penciptaan dan proses penyimpanan memori. Peneliti tersebut menemukan materi abu-abu otak dan hippocampus yang berperan sebagai kotak menyimpan memori. Namun anehnya kenapa ada memori yang sangat mudah diingat dan ada pula yang mudah dilupakan. Tentu ini masih menjadi misteri.

Saat bergerak, berpikir, bermimpi, atau bahkan mencintai, materi abu-abu atau yang dikenal sebagai korteks besar yang bekerja. Tetapi materi putih yang dikenal sebagai ganglia dasar ternyata juga turut berperan. Contohnya ketika terjadi gejala kepikunan, sejumlah studi memperlihatkan ada plak di materi abu-abu.

6. Jam Bilogis
Otak mempunyai nukleus suprachiasmatic nucleus atau jam biologi. Bagian tersebut memprogram tubuh agar mengikuti irama waktu selama 24 jam. Jam biologis menyesuaikan suhu tubuh, memproduksi hormon melatonin, dan mengatur siklus bangun tidur.

7. Tidur
Mengapa kita perlu tidur? Para ilmuwan yakin bahwa semua mamalia memerlukan tidur yang cukup termasuk manusia. Tidak cukup tidur dalam waktu lama dapat menimbulkan halusinasi atau bahkan kematian. Tidur dibagi menjadi dua tingkatan yaitu tidur NREM yang terjadi saat otak memperlihatkan aktivitas metabolik yang rendah dan tidur tingkat REM yaitu saat otak masih aktif.

Itulah 7 dari keajaiban otak yang tidak kita sadari.
Previous
Next Post »
Thanks for your comment