Kesalahaan Saat Mandi yang Sering Dilakukan





















Mandi adalah kewajiban setiap orang yang dapat dilakukan minimal 1-2 kali sehari. Mandi dapat
membuat tubuh kita menjadi lebih segar, menghilangkan bau badan serta terhindar dari penyakit.
Tetapi bagaimana efek yang dapat terjadi jika mandi dilakukan dengan cara yang salah?

Berikut beberapa kesalahan yang biasanya dilakukan ketika mandi beserta efeknya dilansir dari beberapa sumber :

1. Waktu Mandi
Sering kali Karena air yang segar terutama yang memiliki bathup membuat mereka berendam atau membasahi tubuh di kamar mandi lama-lama. Padahal mandi terlalu lama memiliki efek buruk terhadap kelembapan kulit dan menjadikan kulit mudah kering. Maka jika mandi lakukan lah sewajarnya paling lama 15 menit.

2. Keramas
Jika kamu ingin merawat rambut, khususnya kaum perempuan sebenarnya terlalu sering keramas juga dapat menyebabkan efek buruk terhadap rambut terutama yang memiliki rambut tipis, halus dan lembut. Terlalu sering keramas menganggu sistem reproduksi minyak alami pada rambut   sehingga rambut menjadi kering. Lakukanlah keramas 2  kali seminggu.

3. Penggunaan Sabun
Banyak terjadi kesalahan dalam pemilihan jenis sabun serta penggunaan sabun yang tidak benar.  Dalam memilih sabun serta pemakaian nya sangat penting diperhatikan agar kulit tetap menjadi lembab dan sehat serta terhindar dari penyakit.

  • Sabun mandi anti bakteri dan deodorant dapat membuat kulit  menjadi gatal, kusam mengelupas serta kekeringan. Hindari penggunaan sabun yang berbau tajam, seperti wangi yang berlebihan, Karena sabun jenis tersebut dapat berdampak buruk bagi kulit.

  • Hindari busa yang berlebihan. Sabun dengan busa yang terlalu berlimpah akan menganggu reproduksi minyak alami pada tubuh sehingga kulit menjadi kering, kusam, gatal dan menyebabkan jenis penyakit kulit lainnya. Kemudian bilaslah tubuh dengan bersih sambal digosok atau dipijat agar menghilangkan sabun yang tertinggal.


4. Ganti-ganti Shampoo
Mengganti jenis atau produk shampoo terlalu sering  dapat membuat rambut menjadi rusak. Gantilah shampoo Karena daktor usia, perawatan medis, atau Karena tidak cocok.

5. Penggunaan Handuk
Dalam penggunaan handuk untuk mengeringkan tubuh setelah mandi juga perlu diketahui. Gunakan handuk dengan menggosok atau menepuk dengan halus disbanding mengusap nya secara kasar yang dapat menyebabkan kulit menjadi iritasi.

6. Pelembab Kulit
Setelah mandi gunakanlah pelembab kulit Karena akan berguna membantu kulit menjadi tetap pada kelembabab normal dan tidak mudah kering. Oleh karena itu jangan menunggu kulit kering baru menggunakan pelembab .

7. Pemberian Kaporit Pada Bak Mandi
Air rumah yang keruh menjadikan banyak orang menggunakan kaporit untuk menjernihkannya. Kaporit difungsikan untuk membunuh bakteri dan kuman dalam air tetapi perlu diketahui juga efek samping nya terhadap tubuh. Kaporit dapat menyebabkan kerusakan sel atau radikal bebas, iritasi kulit dan mata, serta perubahan warna gigi. Kaporit juga dikenal membuat rambut menjadi rontok dan iritasi terhadap kepala sehingga membentuk ketombe dan memperparah kerontokan.

Demikian ulasan beberapa kesalahan yang dilakukan saat mandi.
Semoga Bermanfaat.
Previous
Next Post »
Thanks for your comment