Ini Dia Penyebab Orang Mendengkur

Jika tidur dengan orang yang punya kebiasaan mendengkur atau mengorok tentu saja kamu sangat terganggu. Bunyi keras mendengkur dari pasangan anda mungkin akan membuat Anda susah tidur.



Mendengkur pada umumnya dialami para suami sehingga tidak jarang banyak istri yang mengeluhkannya. Jika terus dibiarkan, hal tersebut bisa menyebabkab hubungan pernikahan menjadi tidak harmonis.

Sebenarnya apa yang menyebabkan seseorang mendengkur?

1. Alkohol
Mengkonsumsi minuman beralkohol sebelum tidur bisa menjadi penyebab mengapa Anda mendengkur. Hal itu disebabkan lantaran alkohol akan melemaskan oto-otot lidah yang bisa menyebabkan penyempitan saluran udara dan menghasilkan suara mendengkur. Sebaiknya hindari alkohol sebelum tidur sebab bisa mengurangi potensi mendengkur.

2. Merokok
Rokok juga bisa menjadi salah satu penyebab mendengkur. Merokok dapat memperbesar beberapa jaringan di hidung yang disebut turbinat. Ini akan membuat Anda lebih sulit bernapas dan meningkatkan peluang mendengkur.

3. Makan Pedas
Menyantap makanan pedas dapat menyebabkan refluks asam dalam perut dan meningkatkan kemungkinan mendengkur.

4. Kegemukan
Kelebihan berat badan merupakan penyebab paling umum dari mendengkur. Semakin Anda mengalami penambahan berat badan, semakin besar kemungkinan Anda mendengkur.

5. Posisi Tidur
Terkadang posisi tidur juga bisa menjadi alasan mengapa Anda mendengkur, terutama tidur telentang. Untuk itu hindari tidur telentang. Sebaiknya cobalah untuk tidur dengan posisi miring ke kanan atau ke kiri.

6. Selimut
Debu dan partikel lain yang menempel pada selimut bisa menghalangi saluran hidung. Sebaiknya ganti selimut dan seperai Anda setidaknya seminggu sekali. Selain itu bersihkan dengan vakum secara teratur.
Previous
Next Post »
Thanks for your comment